Resep Membuat Odading, Roti Goreng Khas Bandung yang Viral

“Rasanya seperti Anda menjadi iron man. . .”

Dalam waktu sekejap odading atau kue bantal naik daun di media sosial. Hal tersebut tak lepas dari kontribusi Ade Londok yang mempromosikan Odading Mang Oleh lewat video dan viral di jagad dunia maya. Gaya bahasa yang ngegas, justru membuat roti goreng khas Bandung ini diserbu pelanggan.

Uniknya kue bantal atau odading juga terkenal di banyak daerah Indonesia dan memiliki banyak nama lain. Di Medan, misalnya, olahan tepung, telur, dan susu ini disebut kue bohong. Jika tertarik, Anda bisa membuat odading di rumah dengan resep yang sangat mudah dipraktikkan. Berikut langkah-langkah membuat odading yang bisa Anda coba.

Porsi: 12 buah
Cara memasak: Goreng
Waktu memasak: 160 menit

Bahan:
300 ml susu MilkLife Pure
1 sdm ragi instan
500 g tepung terigu serba guna
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
150 g gula pasir
1 butir telur
½ sdt ekstrak vanilla
25 g mentega
½ sdt garam
Air, secukupnya
75 g biji wijen putih
Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Ambil 2 sdm gula pasir dari 150 g takaran, aduk rata bersama susu MilkLife Pure dan ragi. Diamkan hingga berbuih. Sisihkan.
  2. Masukkan tepung, baking powder, baking soda, gula pasir, telur, dan ekstrak va nilla ke dalam mixer. Tambahkan larutan ragi, aduk rata.
  3. Tambahkan mentega dan garam, aduk hingga kalis. Istirahatkan adonan selama 15 menit.
  4. Gilas adonan hingga setebal 1,5 cm, potong-potong persegi ukuran 6x6 cm.
  5. Olesi permukaan adonan dengan sedikit air, taburi dengan biji wijen.
  6. Susun adonan di atas loyang datar bertabur tepung terigu. Tutup dengan kain atau plastic wrap. Diamkan hingga mengembang dua kali lipat (2 jam).
  7. Goreng adonan dalam minyak banyak panas di atas api kecil hingga matang dan kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan segera selagi hangat bersama kopi atau teh.

Itu tadi bahan dan langkah-langkah membuat odading yang bisa Anda coba di rumah. Gampang kan? Supaya odading makin empuk, kamu bisa mencampur adonan dengan susu segar MilkLife. Karena MilkLife diproses dari susu sapi perah Frisian Holstein terbaik! Sapi jenis inilah yang menjadi kunci kesegaran dan sumber energi MilkLife. Kandungan protein, tinggi kalsium, fosfor dan kolesterol yang rendah membuat MilkLife berbeda dengan susu merk lain.

MilkLife juga memiliki tiga varian yakni susu segar Pure, rasa Coklat, dan Bebas Laktosa pertama di Indonesia. Varian bebas laktosa aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki lactose intolerance. Sehingga Anda tidak perlu takut mual, diare, dan perut kembung. Tersedia dengan ukuran 1 Liter dan 200ml untuk semua varian rasa. Dengan begitu waktu santai bersama keluarga bisa lebih menyenangkan di rumah bersama MilkLife!