Resep Anti Gagal Bikin Roti Kopi di Rumah

Rindu dengan rasa dan aroma roti kopi? Hmmmm, rasa manis dan gurih membuat roti kopi nikmat dijadikan cemilan penunda lapar saat pagi maupun sore hari. Kabar gembiranya kamu tidak perlu keluar rumah untuk menikmati roti yang satu ini.

Yuk, bikin sendiri di rumah! Berikut ini bahan dan langkah-langkah anti gagal membuat roti kopi di rumah. Cocok untuk cemilan di rumah!

Bahan (untuk 8 porsi):

350 g tepung terigu protein tinggi
1½ sdt ragi instan
60 g gula pasir
20 g susu bubuk
1 butir telur ayam
120 ml susu Pure MilkLife
50 g mentega
1 sdt garam

Thangzong:

100 ml air
20 g tepung terigu protein tinggi

Isian:

120 g mentega asin beku, bagi 8 bagian sama rata
Topping, Kocok Hingga Lembut:

100 g mentega
75 g gula bubuk
1 butir telur ayam
80 g tepung terigu serba guna
20 g tepung maizena
2 sdm kopi instan, larutkan dengan 1 sdm air panas

Cara Membuat (Waktu memasak 120 menit):

  1. Tangzhong: Masak larutan tangzhong di atas api sedang hingga mengental. Angkat, biarkan dingin.
  2. Masukkan adonan tangzhong, tepung terigu, ragi, gula pasir, susu bubuk, telur, dan susu Pure MilkLife, uleni hingga kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni kembali hingga kalis. Diamkan hingga adonan mengembang dua kali lipat (45 - 60 menit).
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian sama rata. Bulatkan masing-masing adonan. Ambil satu buah adonan, pipihkan tambahkan isian, bulatkan kembali, susun diatas loyang datar beralas baking paper, beri jarak. Tutup dengan plastic wrap, diamkan kembali hingga mengembang dua kali lipat (30 menit).
  4. Topping: Kocok mentega, gula bubuk, dan telur hingga lembut. Tambahkan tepung terigu, maizena dan larutan kopi, kocok dengan kecepatan sedang hingga rata. Semprotkan adonan topping dengan gerakan melingkar di atas setiap roti hingga menutupi ¾ bagian permukaannya.
  5. Panggang dalam oven panas suhu 180 C hingga matang dan kecoklatan (12 - 15 menit). Keluarkan, sajikan segera.

Gampang kan? Untuk aroma kopi yang lebih kuat kamu bisa menambahkan esens kopi saat membuat bagian topping. Supaya roti makin lembut dan fluffy, kamu bisa menggunakan susu Pure MilkLife! MilkLife diproses dari susu sapi perah Frisian Holstein terbaik. Sapi jenis inilah yang menjadi kunci kesegaran, sumber energi dan protein tinggi MilkLife.

Selain diperah dari sapi Frisian Holstein pilihan, MilkLife juga menggunakan teknologi pemerahan berstandar internasional tanpa sentuhan tangan. Sebelum dikemas, susu melewati tahap pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang dilakukan untuk membunuh bakteri pada susu segar. MilkLife adalah satu-satunya produk di Indonesia yang menggunakan teknologi pasteurisasi dari Jepang.

MilkLife memiliki tiga varian yakni susu segar Pure dan rasa Coklat. Bagi Anda yang memiliki lactose intolerance, MilkLife juga menyediakan varian Lactose Free pertama di Indonesia. Varian Lactose Free aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki lactose intolerant. Sehingga Anda tidak perlu takut mual, diare, dan perut kembung setelah minum susu. Tersedia juga ukuran 1 Liter dan 200 ml untuk semua varian rasa.