Cara Jitu Meredakan Stress saat Work From Home

Mungkin work from home (WFH) atau kerja dari rumah adalah sesuatu yang diidam-idamkan. Harapannya bisa bangun lebih siang, kerja agak santai dan tidak ada pantauan. Namun terus-menerus di rumah juga menimbulkan perasaan tidak nyaman bukan?

Tidak hanya persoalan sosial dan ekonomi, pandemi Covid 19 juga menyebabkan masalah mental yang dialami banyak orang. Situasi yang tidak pasti dan beban pekerjaan yang kerap melebihi kapasitas diduga kuat menjadi penyebab stress yang dialami banyak orang saat bekerja di rumah. Berikut ini tips meredakan stress saat work from home di rumah.

Memelihara hewan

Melansir laman How Stuff Work, hewan memang tidak dapat berbicara bahasa manusia. Namun jaringan otaknya yang sedemikian rupa bisa merespon apa yang dikatakan dan dirasakan pemiliknya.

Maka bukan rahasia lagi jika hewan dan manusia dapat memiliki bonding yang kuat. Maka dari itu membelai atau memberi pakan untuk hewan peliharaan dapat meredakan stres saat beraktivitas di rumah.

Tidak hanya binatang, merawat dan menyiram tanaman juga dapat mengurangi beban pikiran saat dituntut untuk selalu produktif. Pemandangan hijau dan hewan peliharaan yang lucu dapat membuat pikiran lebih tenang.

Yoga atau meditasi

Kedua aktivitas ini bisa juga kamu lakukan saat mengalami stres atau kejenuhan yang teramat sangat. Lewat meditasi dan yoga kamu akan melalui tahapan kontrol pernafasan yang secara tidak langsung dapat mengontrol emosi.

Melansir Mayoclinic.org, Meditasi dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang dalam dan pikiran yang tenang. Selama meditasi, Anda memusatkan perhatian dan menghilangkan aliran pikiran yang campur aduk yang mungkin memenuhi pikiran Anda dan menyebabkan stres. Proses ini dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional.

Lakukan kegiatan yang mengusir overthinking

Overthinking kills ideas. Setiap orang pasti pernah merasakan fase ini. Kabar baiknya banyak pilihan kegiatan yang bisa mengusir overthinking. Membuat rencana liburan misalnya. Hal itu perlu dilakukan untuk meletakkan sejenak beban pikiran.

Menghubungi sahabat atau kerabat dekat juga bisa kamu lakukan untuk meredakan stress bahkan dalam hitungan menit. Atau bermain games di smartphone juga bisa jadi alternatif aktivitas pereda stres.

Menjaga pola makan sehat

Kesehatan jiwa juga dipengaruhi dari pola makan. Menjaga pola makan sehat dan rutin beraktivitas fisik juga menjadi solusi agar terhindar dari stress. Asupan karbohidrat kompleks, serat dan protein serta vitamin yang cukup membuat jiwa dan raga tetap sehat.

Untuk melengkapi nutrisi harian, Anda juga dapat mengkonsumsi susu secara rutin. Melansir laman Health Matters, protein yang disebut lactium yang ada di dalam susu membantu Anda melawan stres.

Protein ini memiliki efek menenangkan pada tubuh, menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kortisol. Segelas susu sebelum tidur menyebabkan tidur; dan tidur nyenyak membantu mengendalikan tingkat stres.

Nutrisi susu segar yang dapat membantu Anda mengendalikan tingkat stres kini tersedia di MilkLife. MilkLife diproses dari susu sapi perah Frisian Holstein terbaik. Sapi jenis inilah yang menjadi kunci kesegaran, sumber energi dan protein tinggi MilkLife.

Selain diperah dari sapi Frisian Holstein pilihan, MilkLife juga menggunakan teknologi pemerahan berstandar internasional tanpa sentuhan tangan. Sebelum dikemas, susu melewati tahap pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang dilakukan untuk membunuh bakteri pada susu segar. MilkLife adalah satu-satunya produk di Indonesia yang menggunakan teknologi pasteurisasi dari Jepang.

MilkLife memiliki tiga varian yakni susu segar Pure dan rasa Coklat. Bagi Anda yang memiliki lactose intolerance, MilkLife juga menyediakan varian Lactose Free pertama di Indonesia. Varian Lactose Free aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki lactose intolerant. Sehingga Anda tidak perlu takut mual, diare, dan perut kembung setelah minum susu. Tersedia juga ukuran 1 Liter dan 200 ml untuk semua varian rasa.