Begini Cara Menghilangkan Kepedasan di Mulut

Makanan pedas memiliki tempat di hati orang Indonesia. Tak heran cabai menjadi peranan penting dalam banyak hidangan khas Nusantara. Rasa pedas dari cabai berasal dari zat Capsaicin. Capsaicin sendiri adalah zat aktif pada biji cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Zat ini juga sering digunakan sebagai bahan obat pereda nyeri.

Nah, saat menikmati makanan pedas, banyak yang tidak menduga rasa pedas yang ditimbulkan makanan tersebut, terutama saat makan dengan sambal.

Anda pernah mengalaminya? Kebanyakan orang memilih untuk minum air dingin untuk meredakan pedas. Namun minum air dingin bukanlah solusi. Berikut ini minuman yang ampuh menghilangkan kepedasan yang bisa Anda coba.

Kunyah Nasi atau Roti

Saat merasakan pedas yang berlebihan Anda bisa mengunyah nasi atau makan sepotong roti tawar. Melansir laman Greatist, nasi atau roti mampu menyerap rasa terbakar yang disebabkan oleh capsaicin. Olahan makanan tepung seperti roti juga dapat menetralisir alkaloid alamiah pada capsaicin sehingga rasa pedas bisa berkurang.

Gula atau Madu

Melansir laman Delish, capsaicin yang berbahan dasar minyak dan tidak akan bisa dihilangkan dengan air. Saat kepedasan dan Anda mencoba menetralisirnya dengan air, maka itu tidak akan berhasil.

Anda bisa mengkonsumsi satu sendok teh gula batu utuh atau madu sebagai cara cepat menghilangkan kepedasan di mulut. Gula bergranulasi dan madu dapat mengurangi sensasi terbakar pada lidah. Lebih jauh lagi, gula dapat menyerap minyak pedas dari capsaicin.

Lemon atau jeruk nipis

Cara cepat menghilangkan rasa pedas berikutnya adalah minuman asam. Mengutip laman Wonder How To, minuman seperti jus lemon atau air jeruk nipis sangat ampuh menetralisir rasa pedas.

Air lemon memiliki efek alkali pada tubuh dan dapat membantu menetralkan keasaman rempah-rempah sumber kepedasan. Buah jeruk, anggur, tomat dan nanas juga dapat menghilangkan rasa pedas. Asam dan vitamin C yang terkandung dalam minuman ini bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan oleh capsaicin.

Susu

Minum air mineral atau air dingin memang tidak efektif menghilangkan rasa pedas. Terlebih saat tak sengaja mengunyah cabai utuh. Bagi orang yang peka, cabai dapat meninggalkan rasa pedas yang lebih lama.

Untuk mengatasi rasa pedas, minum susu jadi cara ampuh yang bisa Anda lakukan. Mengutip laman Dealish, Susu diketahui mengandung protein susu (kasein) yang terbukti efektif menghilangkan sensasi panas akibat capsaicin. Dalam hal ini, casein bekerja sebagai pelarut baik terhadap capsaicin. Susu segar lebih efektif melarutkan capsaicin dibanding susu bubuk.

Saat merasakan pedas yang tak tertahankan, kamu bisa minum susu segar MilkLife untuk meredakannya. MilkLife diproses dari susu sapi perah Frisian Holstein terbaik. Sapi jenis inilah yang menjadi kunci kesegaran, sumber energi dan protein tinggi MilkLife.

Selain diperah dari sapi Frisian Holstein pilihan, MilkLife juga menggunakan teknologi pemerahan berstandar internasional tanpa sentuhan tangan. Sebelum dikemas, susu melewati tahap pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang dilakukan untuk membunuh bakteri pada susu segar. MilkLife adalah satu-satunya produk di Indonesia yang menggunakan teknologi pasteurisasi dari Jepang.

MilkLife memiliki tiga varian yakni susu segar Pure, rasa Coklat, dan Lactose free pertama di Indonesia. Varian Lactose free aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki lactose intolerant. Sehingga Anda tidak perlu takut mual, diare, dan perut kembung setelah minum susu. Tersedia juga ukuran 1 Liter dan 200 ml untuk semua varian rasa.