5 Makanan Peningkat Imun Agar Terhindar dari Virus

Imun atau daya tahan tubuh memegang peranan penting untuk menangkal paparan virus Corona. Selain disiplin menjaga jarak dan memakai masker saat keluar rumah, menerapkan pola makan sehat dan istirahat cukup jadi cara untuk menjaga sistem daya tahan tubuh.

Sederhananya, imun bisa dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk imun kita. Berikut ini 5 makanan yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Jeruk

Saat terkena flu, banyak orang yang mengkonsumsi vitamin C. Hal tersebut benar adanya. Mengutip laman Health Line, konsumsi vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang adalah kunci untuk melawan infeksi.

Namun tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C dengan sendirinya. Manfaat vitamin C bisa kamu dapatkan dari buah jeruk. Sangat mudah bukan mencari buah ini? Mulai dari jeruk bali, jeruk keprok, jeruk lemon, jeruk nipis, sangat mudah didapatkan.

Bayam

Tidak sulit mendapat sayur yang satu ini. Melansir laman Medical News Today, bayam memiliki antioksidan, kalsium, potassium, dan zat besi. Antioksidan dan beta karoten pada bayam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari virus.

Selain baik untuk kekebalan imun tubuh, bayam yang banyak mengandung klorofil juga dapat menjaga tubuh dari paparan sel kanker. Melansir laman Cleverism, beberapa penelitian menunjukkan sel klorofil pada bayam efektif memblokir efek karsinogenik dari senyawa amina heterosiklik yang berperan menumbuhkan sel kanker.

Jahe

Rasanya yang pedas membuat jahe tak mungkin dimakan mentah-mentah. Aroma dan rasa pedas jahe dihasilkan dari senyawa gingerol. Menukil laman Good House Keeping, senyawa inilah yang menjadi sumber antioksidan untuk menjaga kekebalan imun.

Selain untuk menjaga kekebalan tubuh, jahe juga bermanfaat menurunkan risiko diabetes. Menurut penelitian yang dipublikasikan American Diabetes Association, jahe mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan insulin untuk menjaga kadar gula darah.

Untuk mendapatkan manfaat jahe Anda bisa minum air rebusan jahe, menaruh beberapa potongan ke dalam teh, atau mencampurnya dengan bahan makanan tertentu.

Ikan berlemak

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas, Anda juga dapat mengkonsumsi ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden. Melansir laman Life Hack selain mengandung protein jenis ikan tersebut banyak mengandung asam lemak omega 3, vitamin C dan selenium yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan dalam ikan juga berperan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti kanker.

Susu

Selain daging dan ikan, protein hewani juga bisa didapatkan dari susu. Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, susu juga dapat menjaga metabolisme tubuh. Melansir laman Health Line, nutrisi vitamin D, vitamin B12, zat besi dan selenium dalam susu memiliki manfaat menjaga sistem imun.

Mengkonsumsi susu juga termasuk di dalam pola makan 4 sehat 5 sempurna. Menurut situs American Health Association, minum 200 ml susu atau satu gelas per hari sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kini manfaat susu untuk menjaga metabolisme dan daya tahan tubuh bisa Anda dapatkan dengan minum MilkLife. MilkLife diproses dari susu sapi perah Frisian Holstein terbaik. Sapi jenis inilah yang menjadi kunci kesegaran dan sumber energi MilkLife.

Selain diperah dari sapi Frisian Holstein pilihan, MilkLife juga menggunakan teknologi pemerahan berstandar internasional tanpa sentuhan tangan. Sebelum dikemas, susu melewati tahap pasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang dilakukan untuk membunuh bakteri pada susu segar. MilkLife adalah satu-satunya produk di Indonesia yang menggunakan teknologi pasteurisasi dari Jepang.

MilkLife memiliki tiga varian yakni susu segar Pure, rasa Coklat, dan Bebas Laktosa pertama di Indonesia. Varian bebas laktosa aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki lactose intolerance. Sehingga Anda tidak perlu takut mual, diare, dan perut kembung setelah minum susu. Tersedia dengan ukuran 1 Liter dan 200 ml untuk semua varian rasa. Jaga daya tahan tubuh setiap hari dengan makanan bergizi dan minum susu MilkLife!